/Sejarah

Sejarah

Kelompok Informasi Masyarakat atau kelompok sejenis lainnya yang selanjutnya disingkat KIM adalah kelompok yang dibentuk oleh, dari dan untuk masyarakat secara  kreatif mandiri dan bertanggung jawab .

KIM melaksanakan aktifitas pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat. Upaya pemberdayan antara lain dilakukan dengan mendorong kelompok-kelompok masyarakat untuk mendayagunakan informasi serta menggali potensi-potensi yang dimiliki agar memberikan nilai tambah  bagi kelompok dan  masyarakat .

Panduan ini diharapkan dapat membantu Bapak dan Ibu Lurah dalam memfasilitasi  Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat di wilayahnya.

Dasar hukum pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat adalah

Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun  2007 tentang Pembangunan Urusan Pemerintah antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten / Kota;

Permenkominfo Nomor 08/PER.KOMINFO/06/2010 tentang Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial.

Permenkominfo Nomor 17/P/M..KOMINFO/03/2009 tentang Desiminasi Informasi Nasional oleh Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota

Permenkominfo Nomor 22/PER/MKOMINFO/06/2010 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Komunikasi dan Informatika di Kabupaten / Kota.

TAHAPAN PEMBENTUKAN

Lurah menyampaikan kepada Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita dan Tokoh Adat tentang pembantukan kelompok yang dapat menjadi wadah untuk menyalurkan minat dan bakat dalam hal pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan informasi, wadah tersebut bernama Kelompok Informasi Masyarakat disingkat KIM

Lurah memandu jalannya pertemuan untuk memilih siapa Ketua, Sekretaris dan Anggota.

Kelompok yang sudah terbentuk disampaikan kepada Dinas Kominfo Kota Palopo sebagai Leading Sektor Kegiatan ini untuk kemudian di sampaikan secara kolektif ke walikota untuk mendapatkan legalitas dalam bentuk SK Walikota.